Tuesday, September 24, 2024

5 Keunikan di Mesin Baru 4N16 Mitsubishi Triton 2024

 Soal performa Triton, ada banyak hal yang ternyata menjadi keunikan tersendiri.


Pick up Mitsubishi Triton masuk ke pasar Indonesia dengan kode mesin baru yang kemudian diberi nama 4N16.

Kode ini berbeda dengan kode mesin sebelumnya, yakni 4N15, dan disebutkan memiliki sejumlah pembaruan.

Tak hanya itu, berbeda dengan Mitsubishi Triton sebelumnya, kali ini mesin 4N16 diberikan untuk seluruh varian Mitsubishi Triton dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Mesin Sama, Beda Tujuan

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia dalam Press Conference 9 September 2024 menyebut bahwa Triton punya 3 horsepower yang berbeda, yakni 110 HP, 150 HP, dan 184 HP.

"Triton dengan daya 110 karena feedback dari customer yang di field, yang tidak butuh cepat tapi butuh kapabilitas yang bergerak di medan yang berat. Sementara 150 hp ada di varian GLS, ini varian yang 4x4 dan GLX 4x2, ini lebih kepada lighter offroad kombinasi jalan raya dan offroad jadi 3.200 sampai 3.500.

Adapun Triton dengan tenaga 184 hp adalah varian paling atas, dan lebih punya tujuan pada "lifestyle" dan "day-to-day". Torsi bawah di kebutuhan ini, seperti dikatakan Rifat, tidak perlu torsi besar. Gearnya juga berubah dari 4,0 ke 4,6 sehingga akan sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Perubahan Piston dan Rantai

Mesin 4N16 seperti dijelaskan Mitsubishi memiliki banyak kelebihan dibanding mesin 4N15. Pertama, bentuk bagian atas piston 4N16 yang sudah disempurnakan.

Tujuannya untuk membuatnya lebih ringan, lebih minim gesekan, dan mampu meningkatkan performa pendinginan di combustion chamber. Selain itu, mesin 4N16 punya perbedaan di supply pump dan injector.

"VGT-nya bisa melakukan banyak variasi tenaga. 4N16 juga pakai timing chain, bukan timing belt. Kekuatan dari mesinnya supaya enggak ada miss tenaga menggunakan timing belt jadi keberlanjutan mesin jadi lebih baik juga. Untuk mengantisipasi kualitas bahan bakar, kita antisipasi injektor yang sudah disesuaikan serta fuel filter dengan SOP perawatan berkala yang telah ditetapkan, ini bermanfaat buat bisnis tambang," urai Rifat.

Efektivitas Torsi Besar di Putaran Rendah

Dua pembaruan lainnya adalah bentuk inlet yang lebih optimal dan penggunaan variable oil control valve.

Menurut Hikaru Mii, Presiden Director PT MMKSI, kombinasi itu membuat mesin 4N16 lebih potensial secara kinerja, terutama torsi besar di putaran lebih rendah membuat mobil lebih cekatan berakselerasi di start awal dengan beban penuh.

"Intinya adalah customer kita menyesuaikan kebutuhan customer dan karakteristik bisnisnya masing-masing, terutama varian HDX dengan power rendah, torsi yang kuat, ketika butuh respons cepat dan butuh tenaga lebih besar," kata dia.

Di saat yang sama, kata dia, mesin ini juga mencoba meningkatkan kemampuan efisiensi mobil ini semakin baik di setiap varian sehingga Mitsubishi menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dari masing-masing varian tersebut.

No comments:

Post a Comment

Benjamin Sesko ke Manchester United: Bisakah Jadi Mesin Gol di Premier League?

  Manchester United sedang aktif membangun ulang lini depannya untuk musim mendatang. Salah satu target utama mereka adalah penyerang muda a...