Produk high performance Hyundai Ioniq 5 N sempat menggemparkan industri otomotif Indonesia. Kelahiran sebuah hot hatchback full elektrik lahir di Tanah Air yang menambah opsi kendaraan elektrifikasi.
Secara basis, Hyundai Ioniq 5 N tetap menggunakan platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) dengan penambahan sejumlah fitur. Salah satunya N Pedal yang masuk ke dalam DNA “Corner Rascal” dari Ioniq 5 N.
Hyundai Ioniq 5 N versi reguler memiliki fitur i-Pedal yang memberikan efek one pedal driving. Alhasil, akselerasi dan deselerasi mobil dapat dikontrol hanya dengan menggunakan pedal akselerator.
Fitur N Pedal pada Ioniq 5 N sejatinya memiliki sistem serupa dengan i-Pedal. Namun, terdapat satu tingkatan tambahan yang difungsikan untuk aktivitas di lintasan. Level tersebut membuat pengemudi dapat mengontrol mobil secara lebih akurat ketika masuk dan keluar tikungan.
“N Pedal berfungsi seperti itu [i-Pedal], tapi ditambahkan satu tingkat lagi. Sehingga memungkinkan pengemudi untuk mengontrol mobil hanya dengan pedal akselerator saat masuk atau keluar tikungan,” ujar Bonar Pakpahan selaku Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) di Mandalika, Lombok pada Senin (11/11/2024).
Kemampuan menikung lebih presisi saat di dalam arena balap juga tercipta berkat adanya perpindahan bobot kendaraan yang condong ke depan saat pengereman agresif. Ketika bobot di depan lebih berat, maka daya cengkram roda depan akan meningkat. Alhasil, roda depan dapat berbelok dan masuk tikungan dengan kecepatan lebih optimal.
“Ada weight transfer yang menekan bagian depan kendaraan sehingga menciptakan grip ban depan lebih menggigit. Karena lebih gigit, ban depan bisa masuk tikungan lebih baik,” sambung Bonar.
Sebagai informasi, Hyundai Ioniq 5 N menghasilkan output daya maksimum 650 PS dan torsi 740 Nm (dengan N Grin Boost). Sementara, tanpa N Grin Boost tenaga maksimalnya berada di angka 609 PS serta torsi 740 Nm. Ia dapat melesat dari 0-100km/h hanya dalam waktu 3,4 detik (dengan NGB).
Ia juga dilengkapi dengan baterai generasi terbaru berkapasitas 84.0 kWh serta dual motor listrik yang mampu beroperasi hingga 21,000 RPM. Performa tersebut dapat dicapai berkat integrasi platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) dengan teknologi motor sport dari Hyundai N yang diusung Ioniq 5 N.
No comments:
Post a Comment