PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengundang sejumlah media dalam program Hyundai Ioniq 5 N Track Day di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB pada 11-17 November 2024.
Pada kesempatan ini, tim redaksi Otosia.com menjajal seluruh fitur Ioniq 5 N sebagai warisan dari tiga pilar Hyundai N, yakni Racetrack Capability, Corner Rascal, hingga Everyday Sportscar.
“Hyundai Ioniq 5 dirancang sebagai high performance car, tapi juga didesain untuk bisa dipakai sehari-hari. Konsumen tidak perlu merasa bahwa mobil ini hanya untuk akhirpekan. Ini adalah mobil yang bisa dipakai sehari-hari,” ucap Budi Nur Mukmin selaku Cheif Marketing Officer PT HMID di Lombok, NTB pada Senin (11/11/2024).
Spesifikasi Teknis Hyundai Ioniq 5 N
Hyundai Ioniq 5 N menggendong baterai generasi terbaru berkapasitas 84kWh yang tertanam di struktur Electric Global Modular Platform (E-GMP). Baterai ini mengalirkan tenaga ke dua motor listrik di depan dan belakang.
Kombinasi tenaga keduanya tembus 650 PS apabila mengaktifkan N Grin Boost (NGB). Sementara, dalam kondisi normal, motor listrik Ioniq 5 N mampu memproduksi tenaga hingga 609 PS. Dual electric motor ini dapat beroperasi hingga 21.000rpm.
Bicara performa kecepatan, Hyundai Ioniq 5 N bisa dipacu hingga 260km/h. Kemudian, ia dapat melesat dari 0-100km/h hanya dalam waktu 3,4 detik dengan NGB, hanya berbeda 0,1 detik jika NGB tidak aktif.
Sektor pengereman tak luput mendapat peningkatan. Hyundai Ioniq 5 N dibekali kaliper monoblock 4-piston di depan yang menggigit cakram berdiameter 400mm. Sementara, roda belakang disematkan kaliper 1-piston dengan piringan cakram 360mm.
Eksterior Kian Sangar
Sejumlah ubahan desain di eksterior diterapkan guna meningkatkan tampilan dan performa Ioniq 5 N. Bagian depan disematkan Active Air Flaps pada grill sebagai pengontrol aliran udara yang masuk ke sistem pendinginan. Selain itu, ia mendapat bumper lebih agresif dari divisi N lengkap dengan Air Curtains yang menambah kesan agresif.
Sisi samping Ioniq 5 N turut dibekali komponen khusus dari divisi N. Mulai dari pelek forged 21 inci, sideskirt khas dengan N Luminous Orange Strip, overfender dengan ventilasi udara, serta spion yang dicat berwarna hitam.
Selaras dengan tampang depannya yang agresif, buritan Ioniq 5 N juga menampilkan aura high performance car. Terdapat bumper yang lebih lebar dan menyatu dengan rear diffuser, serta aksen ventilasi belakang di kanan dan kiri. Rear spoiler dengan high mount stop lamp segitiga menghadirkan nuansa ala mobil balap sejati.
Interior Menyenangkan
Secara keseluruhan, tampilan dashboard, door trim, dan sejumlah perangkat masih identik dengan Hyundai Ioniq 5 standar. Namun, tersemat peningkatan pada beberapa sektor, seperti setir eksklusif dari divisi N yang menyajikan sejumlah tombol kebutuhan performa.
Selain itu, jok penumpang depan dibekali semi-bucket seat yang lebih menopang badan kala berkendara secara agresif di lintasan. Head unit Ioniq 5 N juga memiliki layout tampilan khusus bernama N Exclusice Graphical User Interface yang menampilkan sejumlah informasi penting saat berkendara, serta pengaturan ragam pengaturan mobil.
Detail menarik yakni terletak pada konsol tengah yang berbeda dengan versi Ioniq 5 reguler. Konsol tengan Ioniq 5 N didesain fix, tidak seperti tipe reguler yang dapat digeser. Selain itu, pada sisi kanan dan kiri center console juga dilengkapi dengan knee pad agar lebih nyaman dan aman saat menikung.
“Center console Ioniq 5 biasa bisa digerakkan, kalau di N ada knee pad dan fix. Jadi, kalau sedang berkendara secara antusias, kaki pengemudi masih ada kemungkinan bergerak karena adanya momentum,” jelas Bonar Pakpahan selaku Product Expert PT HMID di Lombok, NTB pada Senin (11/11/2024).
Skenario Paripurna Ala Mesin Pembakaran Internal
Mengawali impresi dengan posisi duduk yang sangat ergonomis. Kursi semi-bucket yang digunakan terasa pas bagi reporter Otosia.com dengan postur tinggi 178cm dan berat 92kg. Jok ini juga mendukung penggunaan helm, sehingga posisi duduk tetap nyaman ketika lengkap menggunakan atribut balap.
Berbekal motor listrik 609 PS hingga 650 PS dengan N Grin Boost menjadikan ia bisa melesat cepat ala track car sejati. Di lain sisi, Ioniq 5 N juga mampu berlaga di ajang drag race dengan memanfaatkan fitur Launch Control. Namun, berbeda dengan kebanyak mobil listrik yang berakselerasi tanpa suara, Ioniq 5 N menyuguhkan fenomena baru melalui teknologi N Active Sound+.
N Active Sound+ merupakan sebuah fitur yang bekerja melalui speaker kabin guna menghasilkan suara mesin layaknya mobil mesin konvensional. Terdapat 8 speaker di dalam kabin dan 2 speaker di luar kabin yang mampu mengeluarkan suara ‘mesin’. Suara yang dihasilkan cukup natural, ia juga memberikan respon suara dan penyaluran tenaga secara gradual sesuai injakan pedal akselerator.
Mengaktifkan N Active Sound+ pada mode ‘Ignition’ sekaligus mengaktifkan N e-Shift memberikan rasa berkendara paripurna secara natural. Bukan hanya suara, N e-Shift memungkinkan pengemudi merasakan sensasi pindah gigi hingga 8-percepatan dengan memberikan hentakan dan sensasi pemutusan arus setiap melakukan perpindahan.
Menurut reporter Otosia.com yang mewartakan langsung dari Pertamina Mandalika International Circuit, N Active Sound+ ditambah dengan N e-Shift merupakan skenario paling mengasyikan ketika melaju bersama Ioniq 5 N. Terlebih lagi, terdapat efek suara backfire merdu ketika melakukan penurunan gigi.
Peningkatan Rigiditas Rangka
Dirancang untuk bersenang-senang di dalam arena balap, Hyundai Ioniq 5 N harus menyajikan figur pengendalian yang cekatan. Oleh karena itu, divisi N memberikan penguatan sasis dengan menambah 42 titik las serta penambahan 2,1m material adhesive. Pada bagian dalam ruang roda, penguatan bodi dilakukan dengan menambah kekuatan torsi sebesar 11 persen.
Pada struktur kaki-kaki depan, subframe mounting mendapat penguatan untuk meningkatkan kekuatan dan mengurangi suara dari permukaan jalan (road noise). Kemudian, disematkan titik tambahan di area cowl cross bar. Terakhir, mounting tambahan di subframe depan dan belakang diaplikasikan agar meningkatkan respon kemudi yang lebih linear.
Seluruh peningkatan tersebut bukan hanya data di brosur saja. Performa menikung dan melahap tikungan jauh berbeda dibandingkan Ioniq 5 reguler. Hyundai Ioniq 5 N memiliki daya cengkram ke aspal yang sangat melimpah, sehingga ia dapat menikung dengan lincah dan percaya diri.
Namun, bobot mobilnya yang besar tak bisa dihilangkan. Ia tetap memiliki efek body roll saat berbelok agresif, meski bisa ditoleransi dan jauh lebih stabil dibandingkan Ioniq 5 standar. Selain itu, bobot ini juga berpengaruh ke rasa pengereman yang harus memberikan upaya lebih ketika melakukan hard braking.
Akan tetapi, kekurangan tersebut sangat jauh di bawah batas toleransi. Artinya, ia tetap menjelma sebagai mobil yang bisa diandalkan untuk kegiatan sehari-hari, serta bisa langsung diajak track day tanpa persiapan apapun. Alias, tinggal gas!
Hyundai Ioniq 5 N menjadi jawaban bagi pecinta otomotif yang senang memacu kendaraan di lintasan, namun tetap menginginkan mobil yang praktis untuk berkegiatan sehari-hari. Memiliki performa buas, pengendalian cekatan, kesenangan berkendara ala mobil bermesin pembakaran internal, serta tampilan agresif khas Hyundai N.
Memiliki harga pre-booking sekitar Rp 1,3 miliar, Hyundai Ioniq 5 N memiliki value for money yang sangat baik. Ia bisa digunakan sebagai kendaraan hobi sekaligus penunjang mobilitas harian yang nyaman dan eye catching.
No comments:
Post a Comment